Wednesday 31 December 2014

Pakai TV berbayar kok dhoho dan rajawali tv tidak ada?

Kemarin saya ke toko elektronik, kebetulan ada pegawainya yang sedang telepon. Dari pembicaraannya saya dengar, :"Apa pak yang tidak ada? Rajawali ? Dhoho tv?". Dari situ langsung bisa ditebak kemungkinan dia habis pasang TV berbayar, namun customer kurang memahami cara kerja TV tersebut. Sehingga langsung komplain ketika dia tidak bisa menemukan stasiun TV andalan kota Kediri :D

Saya pengen bercerita sedikit tentang TV Kabel dan tv satelit berbayar, supaya suatu saat jika teman-teman pasang TV kabel/satelite berbayar tidak heran ketika tidak menemukan channel rajawali dan dhoho tv. Mungkin ini tidak terlalu dalam bahasannya, karena saya sendiri juga hanya belajar sekilas. Tetapi setidaknya bisa menambah pengetahuan kita semua. Sayang saja ketika anda bayar mahal untuk TV kabel, tapi tidak tahu kelebihannya. Mubazir sekali jika channel yang anda cari tetap saja dhoho tv, sementara anda bisa melihat channel-channel luar negeri yang tidak anda temui di Tv biasa.

Sebelumnya kita perlu tahu dulu beberapa platform broadcasting yang sudah umum di sekitar kita, misalnya TV terestial (satelite), TV kabel, Mobile TV, internet tv dan IPTV. Pertama, Tv terestrial adalah model dari televisi yang menggunakan gelombang radio melalui transmisi dan diterima oleh antena. Tv terestrial ini paling banyak digunakan orang karena bersifat gratis, kita hanya membeli perangkatnya (TV) tanpa diharuskan membayar untuk programnya. Cara kerjanya, stasiun televisi mengirim gelombang ke satelite yang kemudian dipantulkan kembali ke daerah pancaran satelite tersebut. Dari situ, sinyalnya akan ditangkap oleh antena-antena kita dirumah hingga kita bisa nonton siarannya. Cara kerja semacam ini disebut free to air.

Tapi ada juga tv satelite yang berbayar , misalnya indovision. Jadi kalau anda pasang parabola indovision bisa menikmati paket channel yang disediakan indovision dan membayar setiap bulannya. Begitupun untuk tv kabel. Bedanya ini langsunh pakai kabel optik, tapi sama saja sistem paket channelnya. Contohnya di Indonesia, firstmedia. Nah jika anda mencari tv lokal seperti dhoho tv dan rajawali tentu tidak ada karena itu diluar line up tv berbayar tersebut. Tapi untuk tv nasional seperti trans7, indonesiar, rcti, antv, dll seperti itu masih ada.

Berikut contoh paket yang ditawarkan Indovision.


 Paket tv bisa anda lihat di situs resmi tv yang bersangkutan atau juga di lyngsat.com untuk tv satelit. Lyngsat memberikan info mengenai satelit dan yang menggunakannya. Jadi kita bisa lihat misalnya satelit PALAPA D digunakan stasiun tv mana saja. Disitu ada keterangan lengkap mengenai tv yang menggunakan, seperti alamat, jenis tv, frekuensi, paltform, dll. Berikut contoh paket tranvision yang saya lihat di lyngsat, paket transvision.

Share:

0 comments:

Post a Comment