Monday 15 April 2019

My Braces Story (Pasang behel di Kediri)



Halo, teman-temanku :)
Jadi bulan Februari kemarin saya pasang behel, mungkin banyak dari temen-temen juga yang sebenarnya pengen pakai behel. Terbukti dengan banyaknya orang yang nanya ke saya masalah behel ketika saya mengunggah foto. Biar lebih mudah dan to the point, tulisan ini saya bikin dalam bentuk QnA yang emang biasanya banyak ditanyakan temen-temen. Selamat membaca :)

1. Kenapa pakai behel?

Tujuan pakai behel emang macam-macam, bisa untuk perawatan atau sekadar fashion. Kalau saya emang buat perawatan, jadi sebenarnya udah sejak kuliah saya pengen pakai behel karena merasa gigi kurang rapi. Makin kesini rasanya gigi semakin menjadi-jadi, akhirnya saya coba cari info tempat pasang behel di Kediri. Awalnya gigi saya itu berjubel dan belok kanan kiri sesuka hati, udah kayak angkot di Jakarta. haha.


2. Dimana pasang behelnya?

Saya pasang behel di drg. Niken W. Wulandari, praktiknya di Jalan Slamet Riyadi No. 29 Banjaran, Kota Kediri. Lokasi tepatnya di depan SMK Pawiyatan Daha Kediri. Kalau dari barat, perempatan BCA Joyoboyo ke timur. Sedangkan dari timur, pertigaan/perempatan indomaret selatan MAN 2 Kediri ke barat kurang lebih 500m. Lokasinya ada di kanan jalan, tepat di perempatan pertama. Temen-temen bisa juga lewat gang sampingnya toko tas Elizabeth ke Selatan, lalu perempatan pertama belok kanan sedikit (2 rumah).


3. Kenapa memutuskan pasang behel di drg. Niken?

Awalnya saya kesulitan juga cari info tempat pasang behel di Kediri. Datanglah saya ke salah satu rumah sakit swasta di Kediri, karena di sana ada dokter spesialis orthodontist. Tapi karena satu dan lain hal, saya cari alternatif lain dulu. Alhamdulillah saya ketemu blognya mbak Lilin yang berbagi pengalaman pasang behel di drg Niken, silakan baca di sini. Dari reviewnya sih bagus dan pas datang ke sana emang pasien orthodonti dokter Niken lumayan banyak banget.


4. Berapa sih biaya pasang dan perawatan behel?

Pas saya pasang behel tanggal 20 Februari 2019, biayanya untuk atas bawah Rp 4,5 juta. Itu diluar tindakan ekstra, seperti cabut, tembel, rongten, dll. Biaya kontrol kalau gak ada tindakan lain RP 100 ribu, cabut dan tembel sepertinya Rp 80 ribu. Kalau dibandingkan dengan dokter lain, biaya pasang behel termasuk murah.


5. Sakit gak sih pasang behel?

Oh ya jangan ditanya, bayangkan dong saya pasang behel sekaligus cabut 1 gigi. 3 hari kemudian cabut 1 gigi lagi dan seminggu kemudian cabut 1 gigi lagi. Jadi total gigi saya sudah cabut 3, dari total 4 yang harus dicabut. Ini gak paten, tergantung kondisi gigi kita. Ngilu gak pas awal-awal? pasti. Rasanya ngilu dan gigi kehilangan daya gigitnya, tapi kira-kira seminggu saya udah mulai bisa makan nasi dan mie.


6. Warna karet apa ya yang bagus?

Saya pertama kali pakai warna biru muda, ya bagus tapi karena mencolok jadi kayak itu bisa mengalihkan dunia lawan bicaramu wkwk. Kemudian saya ganti soft pink, ini juga bagus tapi warnanya terlalu cantik untuk gigiku yang tak sempurna. Kalau siang kelihatan bagus banget, tapi kalau malem jadi bikin gigi kelihatan lebih kuning. Akhirnya sekarang saya ganti silver, it's awesome. Jadi saya rekomendasikan silver aja, terutama untuk yang baru pasang.



7. Pernah lepas gak kak?

Pernah, itu hal yang wajar kok. Bahkan banyak cerita yang bracketnya sampai tertelan, Alhamdulillah saya gak. Saya yang suka lepas itu paling ujung, yang di geraham. Kalau masih nyangkut ya saya biarin, sampai dia bener-bener lepas. Saya suka simpen sih kalau lepas gitu, tapi sejauh ini gak pernah ditanyain dan selalu di pasang yang baru sama dokternya.


8. Gimana sejauh ini perkembangannya?

Alhamdulillah lumayan memuaskan, lihat perbandingannya di foto berikut ya :)







Share:

42 comments:

  1. Kalo pasang atas aja brp mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya belum pernah tanya sih, tp mungkin ya separonya hehe
      Mending konsultasi dulu aja, sekalian tanya harga :)

      Delete
    2. ka perlu di Sima lab nggak ?

      Delete
    3. Halo, dulu sih tergantung kasusnya. Sekarang saya kurang tau. Maaf ya

      Delete
  2. Mbak di drg. Niken ada fasilitas cicilan gitu ngga ya? 4.5jt itu langsung bayar di awalkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Inggrid, ada dong. Dokter Niken enak banget kok masalah biaya. Boleh titip semampunya di awal, sisanya boleh dicicil sambil kontrol. Gak harus titip tiap kontrol dan seinget saya jg gak ada ketentuan harus lunas dalam tempo berapa lama.

      Delete
    2. mbak alamat dokter niken dimana. ada nomer yg bisa.di hubungi engga

      Delete
    3. Mbk mau tanya . Itu beneran bisa di cicil ?

      Delete
  3. 1. Tindakan hari pertama apa ya di rontgen trus langsung pemasangan behel kh atau di hari berikut nya? 2. rontgennya di tempat praktik drg Niken atau di tempat lain ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, rontgennya di lab SIMA dengan bawa rujukan dari dokter Niken.

      Delete
  4. Mb ku yg cantik,klo pasang behel damon kisaran harga berapa,pasalnya rumahku jauh jadi g bolak balik kontrol ke kediri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, kalo di dokter Niken saya kurang tau ada diamond apa tidak. Sejauh ini yg saya temui selalu pake metal. Sebelumnya saya pernah tanya sih di Baptis, diamon sekitar 15-20juta alatnya aja.

      Delete
  5. Replies
    1. Halo kak, untuk nama dan alamat dokternya sudah tercantum sangat lengkap di artikel :)

      Delete
  6. Replies
    1. Halo, gigiku terlalu banyak jadi berjubal sampe ada yang miring2. Makanya perlu ada yang dicabut biar ada space untuk bergeser dan ada di posisi lebih baik. Kurang lebih sih begitu :)

      Delete
  7. Murah ya kak aku pasang metal aja 7,5 di spesialis orthodontis

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7,5 di spesialis itu juga murah sih kak. Aku sempet tanya ke spesialis ortho di sini, lebih dari itu harganya.

      Delete
  8. Replies
    1. Halo, bisa dong. Malah wajib ganti karet setiap kontrol rutin.

      Delete
  9. Halo mbak, kontrolnya setiap berapa hari sekali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Noel, maaf baru jawab. Kalo pas awal pasang ya sesuai anjuran dokternya. Selebihnya bisa setiap bulan, bahkan skrg saya 2 bulan sekali kali gigiku bagus kata dokternya :)

      Delete
  10. biaya rotgen gigi berapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vivi, sekitar 250-400 kalau gak salah :)

      Delete
    2. Berapa harga pasang gigi atas yang metal?.

      Delete
    3. Berapa harganya pasang gigi atas?

      Delete
  11. Hai kak ada FB nya dokter Niken g ...ya ..atau nomor wa yang bisa dihubungi ...

    ReplyDelete
  12. Hai kak ada FB nya dokter Niken g ya kak atau nomor wa yang bisa dihubungi

    ReplyDelete
  13. Kak mau tanya, kalau semisal saya udah pernah rontgen ke sima tp rujukannya dr dokter spealis ortho gmn ya? Rencanannya saya mau nyoba ke Drg. Niken ini soalnya ya masalah biaya itu hehe.. Kira² klo hasil rontgennya itu lgsung dikasih ke drg. Niken bleh gk ya? Atau hrs gmn enaknya kk..? Mohon infonya kk :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya kurang paham, kebijakan dokter Niken. Tapi ya dibawa aja, siapa tau masih relevan dan gak perlu rongten lagi :)

      Delete
  14. Kalo periksa gigi sakit bpjs bisa ya di dr. Niken?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kalau sakit gigi bisa, pasang gigi juga bisa. Yang gk bisa untuk keperluan behel :)

      Delete
  15. Harga kalo buat bawah aja berapa kak

    ReplyDelete
  16. kak setiap kontrol ganti karet bayar nya brp

    ReplyDelete
  17. assalamualaikum kak,

    Kak, apakah kakak mencabut salah satu gigi geraham? Dan apakah biaya yg kakak tulis sudah termasuk pencabutan 3 gigi kakak?

    ReplyDelete
  18. kalo pasang behel yg atas aja brp kak? soalnya gigi aku yg atas miring banget:(

    ReplyDelete
  19. Kak kalau konsultasi biayanya berapa ya kak?

    ReplyDelete
  20. Hallo kak nomer wa nya doktr brp ya

    ReplyDelete
  21. Apakah pakai jaminan kak kalau nyicil jaminannya apa

    ReplyDelete
  22. Syarat untuk nyicil berapa kak ? Dan untuk dpnya sendiri kisaran berapa ?

    ReplyDelete
  23. Ganti karet, berapa kak harganya?

    ReplyDelete
  24. Disana Ada behel invisalign nggak?

    ReplyDelete