Monday 12 September 2016

Samsung galaxy note 8 tidak bisa dicharge

Tepat sekitar sebulan lalu, ketika saya sedang di Jogja tiba-tiba tab saya Samsung Galxy Note 8 tidak bisa di charge. Awalnya saya pikir kabel chargernya rusak, karena saya sudah tidak pakai kabel orinya, bahkan sudah sempat ganti kabel 2 kali. Akhirnya saya beli kabel di counter, pas coba di counter bisa langsung ngecharge. Tapi setelah itu gak bisa lagi sampai besok paginya drop 0%. Ya saya panik sih, karena posisi lagi di Jogja. Mau di servis takut lama karena saya tidak lama di Jogja, tapi kalau tidak di servis ya bagaimana posisi di luar kota pasti sangat butuh komunikasi. Akhirnya saya putuskan untuk keliling Jogja cari samsung service center, tapi syukur alhamdulillah di tengah perjalanan tiba-tiba bisa di charge tapi pas sampai 60% gak bisa lagi (tanda petir hilang). Habis gitu saya putuskan tidak jadi ke tempat service karena 60% cukuplah untuk dihemat sampai ke Depok. Alhamdulillah lagi, pas sampai stasiun bisa di charge lagi.

Besoknya normal, langsung ada tanda petir ketika di charge. Tapi HPnya jadi aneh, sempet gak mau ngecharge kalau gak mati, sering mati sendiri, dan kalau di shut down malah kayak restart yang langsung nyala lagi. Tapi saya tetep belum bawa ke servisan, karena lama kelamaan dia bener-bener normal lagi, ya walaupun sekarang jadi cepet banget panas. Saya takut ini yang bermasalah Batterynya. 

Port USB yang lama
Kemarin lusa kamis malem, tiba-tiba HPnya tidak bisa di charge sama sekali. Biasanya kalau panas tidak mau masuk, tapi biarin tetep dicolok nanti pas dingin bisa sendiri. Ini saya tunggu semalaman tetap tidak masuk, sampai akhirnya drop 0%. Saya sempet browsing ternyata, banyak juga teman-teman pengguna Samsung Galaxy Note 8 yang mengalami masalah serupa, uniknya pemakaiaan kita hampir sama (sekitar 2 tahun) dan habit kita juga sama (sering charge tidak pakai charge aslinya). Nah kebanyakan teman-teman problemnya adalah port USB yang rusak, jadi solusinya harus ganti port dengan biaya sekitar 200-300ribu.




Akhirnya untuk pertama kalinya, saya ke samsung service center. Diluar banyangan saya, ternyata tempatnya SSC di Detos ini enak sekali, tempatnya nyaman sekali dan CSnya banyak jadi tidak perlu menunggu lama nomor saya langsung dipanggil. Setelah  saya jelaskan dan CS mencoba chaarge, CS juga bilang biasanya untuk device ini dengan problem seperti ini kemungkinan harus ganti port USB dengan estimasi biaya ganti port USB dan jasa service 296.000. Tapi untuk memastikan nanti akan di check dulu dan saya akan dikabari lagi. Pada saat itu barangnya lagi kosong jadi mau tidak mau harus ditinggal paling lama 2 hari dan sedihnya HPnya udah drop duluan jadi saya gak sempat back up apa-apa. 
Kwitansi manual Samsung Service Center


Wah ternyata sore harinya saya ditelpon Samsung Service Center Detos (02178870181) yang memberitahu bahwa barangnya sudah selesai service dan bisa diambil. Cepet banget saya juga kaget dan bahagianya lagi pas saya check disana ternyata tidak ada data yang hilang sama sekali jadi tidak di reset ulang. Hoho. Sedangkan untuk biaya tetap sesuai eestimasi yaitu 296.000 dengan garansi service selama satu bulan. Sekarang sudah bisa di charge lagi, yeeey :D  
Share:

1 comment:

  1. Dialer and lots of a lot of scents Samsung Galaxy SIII that we are able to get pleasure from. galaxy s8

    ReplyDelete