Saturday 23 April 2016

PECEL BAKMI PASAR BERINGHARJO

Source:
http://photo.liputan6.com/lifestyle/menikmati-kelezatan-bakmi-pecel-khas-pasar-beringharjo-2431923

Bagi yang pernah ke Jogja dan mampir ke pasar beringharjo pasti tau kuliner pecel bakmi. Tdak susah juga mencarinya karena penjualnya ada di sisi luar pasar. Begitu anda sampai di pasar beringharjo maka anda langsung bisa menemukan deretan penjual pecel ini disisi-sisi depan pintu masuk pasar. Penjualnya banyak banget, dengan menu yang sama, hanya saja mungkin komposisi sayur yang ditawarkan beda dan lauk pelengkapnya juga beda.

Well, seporsi pecel bakmi terdiri dari sayur mayur (biasanya selalu ada kembang turi), mie goreng kemudian disiram bumbu pecel. Sebenarnya menurut saya agak aneh sih kayak pecel ya pecel aja, mie ya mie aja jangan pecel campur mie. haha. Tapi ya itu justru uniknya kali ya. Kalau anda yang mau pakai nasi juga bisa, artinya sebenarnya anda bebas mau mie siram bumbu pecel aja, atau pecel sayur saja atau pakai nasi juga bisa. Harga untuk satu porsi lengkap (Nasi, pecel dan mie atau pecel dan mie) seharga 10ribu rupiah. Sedangkan untuk mie atau pecel aja seharga 5ribu. Terdapat pula berbagai macam lauk pelengkap yang bisa kita pilih, ada gorengan yang cuma seribu rupiah, ada sate telur puyuh, ati ampela, usus seharga 5 ribu rupiah pertusuk, ada ayam goreng juga cuma saya gak tau harganya. 

Source: http://nginepmana.com/yogyakarta/asli-kuliner-di-jogja-ini-emang-bikin-ngilerr

Is it recommended? 
Anda harus mencobanya, karena aksesnya mudah dan ini kuliner terkenal di Jogja selain gudeg. Sekedar untuk tau aja, biar kalau ada tetangga cerita anda udah tahu. haha. Tapi sejujurnya ada beberapa hal yang mungkin bisa teman-teman pertimbangkan.

Source: http://nginepmana.com/wp-content/uploads/2015/05/421.jpg
Pertama, porsinya tidak banyak. Ya sebagai orang yang sangat suka makan sayur, menurut saya ini sangat sedikit. Bahkan nasinya mungkin hanya beberapa sendok. Tapi semoga ini hanya penilaian subjektif saya sebagai wanita yang selalu makan sayurnya banyak. haha. Sayangnya saya sendirian saat itu, jadi saya gak bisa lihat porsi ini untuk orang lain, khususnya lelaki. Sebenarnya ada pembeli di kios lain, tapi agak jauh dan saya lagi fokus ngobrol sama ibunya. Biasa, kalau di tempat baru saya selalu sok ide ngajak ngobrol warga lokal. haha. 


source: http://photo.liputan6.com/lifestyle/
Kedua, tempatnya sempit. Lokasinya ada di depan pintu masuk pasar yang mana itu selalu penuh lalu lalang orang. Jadi sebisa mungkin cari tempat yang agak lapang atau tidak banyak dilalui orang. Saya waktu itu cari penjual yang sepi, ya karena saya sendiri bagaimanapun pasar itu tempat umum jadi takut aja digodain om-om jail atau brondong-brongdong labil. haha. Tapi ternyata sepanjang saya disitu, saya beberapa kali kesenggol orang yang lewat. Untung badan saya gede, jadi pertahanan kuat. haha. 


Ketiga, harganya gak murah. Ya untuk ukuran Jogja menurut saya ini mahal. Pecel di kediri harganya paling 4-5ribu satu porsi, sedangkan di Depok 8-9ribu sudah sama tahu tempe dan peyek. Di Beringharjo ini bener-bener polos, gak ada lauknya sama sekali. Sebelum menulis ini saya baca review orang, bahkan ada yang menyebut ini saudaranya lesehan malioboro. haha. Jadi buat temen-teman yang baru ke Jogja hati-hati, namanya juga tempat wisata, pedagang lesehan di malioboro terkenal suka banting harga gitu. Kalau pecel ini gak banting harga, tapi ya emang mahal sih. Pas itu saya makan pecel lengkap + 1 mendoan + setusuk sate tulur puyuh dan minum teh, yang harus saya bayarkan adalah 19 ribu. Satu tusuk sate telur puyuh isi 5 butir seharga 5 ribu itu juga mahal, paling kalau tempat lain 2-3 ribu. Oh ya pas itu ada mbak-mbak mau bungkus, dia bilang mau bungkus 2 lengkap dan dia bilang, "5ribuan kan buk?". Si penjualnya bilang kalau lengkap 10ribu, kalau mie atau pecel aja 5 ribu. Terus si mbaknya jadinya bungkus 1 aja. haha. Kalau saya saat itu sih biasanya aja, bayar 19 ribu juga gak berat hati karena memang saya niat mencoba kan jadi ya paling gak balik lagi. haha. Ya untuk sekedar tahu aja sih gak masalah, toh itu juga tempat wisata dan saya perginya sendiri. Beda kalau misalnya saya perginya satu keluarga, wah lain cerita misal 19X5=95 ribu. Belum lagi saya rasa lelaki pasti kurang 1 porsi. Wah itu lebih dari cukup buat saya makan sekeluarga di soto gobyos (soto daging dekat 521 - brawijaya Kediri). 




Share:

0 comments:

Post a Comment