Monday 11 April 2016

pelajaran pertama, semua butuh perjuangan.

Halo, apa kabar?
Saya baru saja melakukan perjalanan singkat ke Jogja, singkat teramat singkat. haha. Menurut saya setiap momen itu menarik, jadi saya ceritakan perbagian supaya lebih spesifik dan tidak terlalu panjang.
Sebenanrya kereta ke Jogja itu banyak, banyak kelasnya, banyak harganya, banyak jam keberangkatannya pula. Menurut saya sebenanrya perjalanan paling ideal kalau kita jalan dari jakarta adalah naik kereta malam, lalu sampai jogja pagi sekitar jam 7. Lumayan, bisa hemat biaya penginapan semalam. Apalagi bagi saya yang sebenarnya ke Jogja hanya singgah, jadi kalau kayak gitu saya gak perlu booking penginapan. Tapi karena tiket jumat malam sudah habis, akhirnya saya beli Gajah wong jam 6.45 dari senen dan jam 14.55 sampai stasiun tugu Yogyakarta.

well, ya kebayang dong bagaimana perjuangannya jalan dari Depok ngejar kereta jam 6.45. Saya keluar kosan sekitar jam 5.15, itu bener-bener masih gelap. Saya takut juga jalan sendirian ke stasiun, akhirnya saya naik Grab bike. Ya karena itu deket, saya gak sempet ngobrol banyak sama abangnya. Dari stasiun Pocin pas itu masuk kereta tujuan jatinegara, jadi ya udah saya naik itu aja daripada nunggu yang kota lama. Harusnya saya turun di stasiun transit manggarai, tapi karena nanti takut ribet ya udah saya turun Tebet dimana jalannya keluar stasiun cuma satu. haha. Sampai situ sekitr jm 6.05, dan saya pikir saya masih punya waktu banyak. huhu. Saya harus sambung dengan yang lain, setelah check&recheck beberapa saat, akhirnya saya putuskan order uber. Dengan asumsi bisa hemat juga karena bisa pakai promo free 100k.

Uber. Abangnya nelpon saya kalau tidak bisa masuk ke depan stasiun. Saya disuruh nyebrang ke arah kampung melayu. OMG bahkan saya gak tau daerah situ. haha. Ya saya satpam terus akhirnya saya jalan dan memang ubernya sudah disitu dengan unit All New Avanza hitam. Seharusnya Tebet-Senen gak jauh-jauh banget, tapi sopirnya jalannya selow banget jadi saya terpaksa ngomong kalau saya agak buru-buru. Dia agak kenceng jadinya, tapi lebih gesit supir grab car yang bisa nganter saya jatinegara-Depok cuma 20 menit. haha. Ya memang background mereka beda, jam terbangnya beda. Bapak driver uber dulunya karyawan Astra dan full time uber 3 bulan belakangan. Kalau bapak grab car dulunya supir blue bird, jadi yaaa dia udah tau medan dan emang biasa nyupir kan ya. well kita balik lagi, saya gak berpikir kalau Tebet-Senen harus ngelewati lampu merah yang banyak dan itu berasa cukup lama juga kalau pas kita diburu waktu. huhu. Dengan restu Allah dan perjuangan bapak Uber akhrinya saya sampai di stasiun pasar senen jam 6.38. Saya langsung lari-larian ke pintu masuk dan sudah tidak ada antrian, makin panik. Si petugas loketnya dengan santai bilang, "tenang mbak nafas dulu kereta aja belum datang kok." Alhamdulillah. Pas saya bener-bener baru masuk peron ada pengumuman kereta akan segera masuk di jalur 3. Sejauh ini saya bersyukur banget. :D

Kereta Api Gajah Wong PSE-YK. Di dalem kereta, saya duduk sama mbak-mbak dan ibu-ibu. Kita gak terlalu banyak ngobrol, entahlah biasanya saya tertarik banget ngobrol sama stranger on the train. Karena pikiran saya mungkin sebagian masih ketinggalan di kasur kosan, di stasiun pocin dan sisanya berceceran di lampu merah dari Tebet - Senen. haha. Tapi ada cerita yang kemudian membuat saya sangat bersyukur, ternyata mbak-mbak depan saya dia sedan prepare buat masuk kuliah. Sebenarnya dia sama kayak saya angkatan 2013 tapi karena dia sedang memperjuangkan masuk POLRI dan ternyata belum direstui Tuhan ya akhirnya dia baru mau masuk kuliah sekarang. Dia daftar di FKG (kedokteran gigi) di UMY. Biaya yang dia keluarkan di awal ini banyak sekali, bahkan itu jumlahnya lebih dari 8x biaya kuliah saya sampe lulus. hoho. Ya memang tidak bisa disamakan antara negeri dan swasta. Tapi poinnya saya harus bersyukur, masuk kuliah dengan diberi kemudahan Allah dan biayanya juga masih sangat rasional.

Well, lama perjalanan yang harus saya tempuh dengan kereta ini sekitar 8 jam. Ini pertama kalinya saya naik kereta pagi karena biasanya kereta jarak jauh emang jalannya malam. Awalnya yang ACnya dingin banget, ya ampun lama-lama panas banget. Sampai saya gak tenang, mau tidur panas, mau gak tidur perjalanan masih panjang. Saya kesel juga sama HP saya, dicharge nambahnya lama banget tapi habisnya cepet banget. huft. Dengan segala keluh kesah itu, akhirnya jam 14.55 saya sampai stasiun tugu Yogyakarta. Yeeey, holiday start here.