Sunday 29 January 2017

SKRIPSI, done! (Part 1)

Sebelumnya saya pernah menulis tentang kebimbangan saya dalam memilih jalur kelulusan, yang pada akhirnya saya putuskan untuk skripsi dengan berbagai pertimbangan yang sudah saya ceritakan.

Alhamdulillah, semua sudah beres. Jadi saya bisa berbagi cerita dengan lengkap ya. Tapi saya akan menulis seperti dalam bentuk Q&A ya, biar lebih sistematis saja :)

Saya mulai dari setelah sidang outline, jadi memang di jurusan saya mahasiswa tidak mencari calon dosen pembimbing karena program yang mengatur itu. Kita hanya tinggal menunggu kabar kira-kira siapa calon dosen pembimbing kita dan kapan sidang outline.

  • Tidak bisa milih dosen dong?
Program tetap memperbolehkan itu, tapi konsekuensinya kalau ada problem di kemudian hari maka program tidak bisa bertanggung jawab. Jadi saya sih ikut saja, pastinya program kan juga gak sembarangan milihin. Bahkan mungkin lebih tau dari kita karena kita mungkin terlalu subjektif.


  • Apa yang dipilihin jadi calon dosen pembimbing itu sudah pasti?
Belum tentu juga, semua tergantung dari hasil sidang outline kita. Kalau misal dosen merasa tidak sesuai dengan kompetensinya ya bisa ada kemungkingkan menolak. Sebenarnya kalau di awal sih tidak terlalu masalah, tinggal menunggu calon dosen pengganti saja. Tentu akan lebih repot kalau ganti di tengah-tengah, karena setiap dosen biasanya memiliki karakter dan bidang yang berbeda-beda. Jadi kalau ganti dosen di tengah, kemungkinan akan lebih banyak perombakan.


Sidang outline di komunikasi UI seperti apa?
Intinya ya memaparkan outline penelitian kita. Tapi beda dengan seminar yang biasanya lebih terbuka dan banyak pengujinya. Di jurusan saya sidang outline hanya dengan ketua sidang dan calon dosen pembimbing. Karena disini masih outline jadi juga gak perlu yang terlalu detail. Bahkan saya saat itu tidak pakai powerpoint, benar-benar saya sampaikan kira-kira gambaran penelitian saya seperti apa. Hanya untuk mempertegas outline yang sudah kita kumpulkan dan dibaca calon dosen pembimbing saja. Selesai presentasi singkat lalu tanya jawab, disini sebenarnya titik penentu dari penelitian kalian ke depan. Ada yang penelitiannya dirombak, hampir berubah total, seperti ganti metode bahkan ganti topik. Namun ada pula yang aman, tidak banyak revisi jadi tinggal melanjutkan outline. Alhamdulillah saya termasuk golongan yang kedua.

  • Hasil sidang outlinenya bagaimana?
Calon dosen pembimbing saya bersedia, topik dan judul saya juga diterima. Jadi topik penelitian saya tentang pengaruh twitter terhadap reputasi dengan studi kasus UI. Teori yang saya gunakan information subsidies dan metodenya kuantitatif, selebihnya kalau mau tahu detail bisa cek di lib.ui.ac.id ya. :)


  • Proses bimbingannya bagaimana? 
Proses bimbingan sebenarnya sepenuhnya kebijakan masing-masing dosen karena dari program juga tidak ada kebijakan yang mengatur masalah ini. Hanya ada ketentuan mengenai jumlahnya minimal 10 kali bimbingan. Kalau saya pribadi alhamdulillah lancar sih ya, gak terlalu banyak drama. Dosen pembimbing saya, Mas Teguh Poeradisastra, M.M. yang super baik. Jadi saya selalu bimbingan di kampus ketika beliau selesai ngajar pada hari senin atau selasa. Selebihnya saya bimbingan by email karena beliau super sibuk. Alhamdulillah pokoknya saya bersyukur banget semuanya lancar, walaupun sedikit ada miss yang bikin saya agak panik karena awal november belum juga turun lapangan padahal deadline akhir bulan itu.  But everything is okay, bahkan saya jadi orang pertama yang mengumpulkan tugas akhir siap uji ke sekretariat. #kibasjilbab haha

Selebihnya lanjut ke part 2 ya :)
Share:

0 comments:

Post a Comment