Sunday 29 January 2017

SKRIPSI, done! (Part 2)


  • Gimana proses pengerjaan skripsinya?
Alhamdulillah ya, saya baik-baik saja. Tidak berdarah-darah pun tidak ada luka batin atau fisik. Skripsi itu melenakan, kayak gak ada kerjaan tapi sebenarnya ada yang harus di selesaikan. *Nanti saya bagi tips di part selanjutnya ya


  • Skripsi kurang lebih 2 bulan kan, boleh lihat linimasanya? 
Ya tentu saja, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya memang bagi yang ingin menyelesaikan skripsi satu semester ini harus sedikit berpacu dengan waktu. Coba saya jelaskan linimasa kasar proses pengerjaan skripsi saya ya.
- Awal Agustus ; mulai cari topik
- Pertengahan Agustus : mulai nulis outline
- 29 Agustus : Deadline mengumpulkan outline siap uji ke sekretariat
- Pertengahan September : Sidang outline
- Setelah sidang - awal Oktober : harus pulang kampung :D
- Awal Oktober - 27 November : Proses pengerjaan 
- Akhir Oktober : selesai revisi bab 1,2,3 dan buat instrumen penelitian
- akhir Oktober - awal November : UTS dan nunggu acc kuesioner
- Menjelang pertengahan November: mulai sebar kuesioner (online)
- Pertengahan November: mulai olah data dan nulis bab 4
- Menjelang akhir november: Finishing
-  25 November: Kirim skripsi final ke dosen pembimbing
- 26 November: Revisi Final
- 27 November: Acc dan mengumpulkan ke sekre


  • Kuanti bukannya susah ya SPSS nya?
Enggak juga sebenarnya, tergantung kebutuhan penelitiannya. Jadi gini sebagai orang yang lebih suka kepastian, saya lebih prefer kuanti karena itu ada angkanya jadi tinggal kita elaborasi dengan teori dan fakta sesungguhnya. Berbeda dengan kuali ya semuanya analisis bergantung kepada kemampuan peneliti. Karakter dan kemampuan orang berbeda-beda, jadi sesungguhnya kita sendiri yang lebih tau penelitian yang seperti apa yang cocok untuk kita. Tidak ada yang lebih pintar dan tidak pintar, ini hanya soal karakter dan orientasi masing-masing orang saja. Jangan lupa pula, semua menyesuaikan dengan kebutuhan penelitian kita ya.

  • Olah data dengan SPSSnya pakai jasa atau kerjain sendiri?
Kerjain sendiri semua, sempet berpikir untuk pakai jasa karena waktunya sudah mepet. Tapi akhirnya saya kerjain sendiri dan selesai dalam waktu semalam. Pertimbangannya, ini akan over budget kalau saya pakai jasa, data saya tidak terlalu banyak hanya 30 pertanyaan dan 75 responden, saya sebar online jadi sudah ada rekapnya dari google form sehingga gak akan makan banyak waktu untuk input di SPSS, dan yang utama kalau olah sendiri lebih bisa menyesuaikan dengan kebutuhan output saya. Sempat panik karena laptop baru saya windows 10 ternyata spss lama tidak compatible. Tapi, semua masalah pasti ada solusi, keep calm and everything gonna be okay. SPSS itu pasti gede dan ada lisensinya, saya sudah coba semalaman tapi tidak bisa dan malah laptop saya kena virus karena download sembarangan, akhirnya saya ke Detos install SPSS. Blok tempat servis laptop, tempatnya pas di depan detos 21 yang banyak CD. Biaya install dan CD 50ribu, beres bisa ditunggu. Btw  *Nanti saya bagi tips untuk mengerjakan SPSS sendiri ya. 
Share:

0 comments:

Post a Comment