Monday 6 October 2014

Idul adha 2014 @istiqlal

Selamat hari raya idul adha bagi yang semua yang merayakan, semoga  berkah dan bermanfaat bagi sesama.  Sebenarnya idul adha tahun ini gak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, sama-sama di perantauan it means gak ada daging untuk di sate. Bisa sih beli, tapi kenyataannya mau beli makan aja susah karena warung-warung pada tutup.

Tahun lalu kecewa saya tidak bisa pulang terlampaui tinggi jadi saya kurang menikmati suasana idul adha disini. Tapi tahun ini bener-bener menikmati idul adha. Kemarin temen-temen ngajak sholat id di istiqlal, wah seru dong gak ada salahnya saya ikut. Pasti rame jamaah, rame media dan rame pejabat. Kebayang segitu ramenya temen-temen ada yang memilih berangkat malam dan menginap supaya paginya bisa dapat shaf di ruang utama sekaligus takbiran disana. Tapi karena suatu hal akhirnya saya memilih untuk berangkat pagi.

Rencananya jam setengah 5 mau berangkat tapi ternyata itu cuma wacana karena kita berangkat sekitar jam 05.15 wib. Gak ada masalah pas disana juga masih banyak orang yang baru datang, sholatnya juga belum mulai dan tempatnya masih banyak tapi bukan lagi di ruang utama. Nah pejabat-pejabat termasuk presiden selalu disediakan tempat di ruang utama tapi ya jangan berharap ketemu juga sih, setidaknya nanti dibelakangnya masih ada pengawal , ajudan , anak , mantu, DPR , dubes dan lain - lain jadi biasanya lumayan jauhlah shaf sholatnya antara presiden dengan kita.

Sholat dimulai sekitar pukul 7 lebih, beberapa saat sebelum dimulai ada pengumumana bahwa presiden RI beserta ibu negara telah tiba. Habis gitu barulah sholat di mulai , saya lupa kemarin siapa imamnya tapi yang jelas khatibnya dosen UI. Sebenarnya ada balihonya di depan cuma namanya terlalu asing jadi saya lupa. Tapi yang jelas ini pasti orang hebat, bacaannya bagus dan suratnya yang dibaca panjang-panjang.

Ada beberapa hal yang cukup mengusik untuk saya pertanyakan entah kepada siapa. Saya mengambil posisi di serambi yang cukup jauh dari ruang utama, disini tidak ada hijab khusus antara jamaah laki-laki dan perempuan. Nah mayoritas disebelah sini ada akhwat tapi ada beberapa bapak-bapak yang menemani istrinya sholat di shaf ini. Pertanyaannya apakah boleh seorang laki-laki sholat di belakang jamaah wanita meskipun shaf yang paling depan tetap laki-laki? Kemudian ada satu lagi , setau saya khutbah merupakan rukun sholat jadi kita tidak boleh ngomong apalagi pergi. Nah yang saya lihat kemarin pas sholat udah selesai, banyak jemaah yang langsung pergi begitu saja meskipun kutbah belum selesai bahkan belum mulai. Sebenarnya ada 1 lagi, ada ya orang sholat ied yang sampai bawa tongsis. Meskipun saya juga narsis tapi gak segitunya juga kan? Parahnya di depan herbang ada penjual tongsis dengan promosi ,"ayo tongsisnya, narsis setahun sekali di istiqlal". Ada juga nih ya yang sholatnya di trotoar, jadi pas saya dateng beberapa orang sudah ambil posisi di trotoar samping sungai. Heran aja, tempat di dalem kan masih banyak lagian didalem aja gak bisa khusyuk apalagi di luar. Gak ngerti lagi -_- , sekian wassalamualaikum :) 

Share:

0 comments:

Post a Comment