Monday 26 October 2015

An express trip : One day trip to Jogja and Solo (part 1)

Jogja masih menyimpan sejuta pesona, keindahan alam yang berpadu dengan budaya yang terjaga. Saya seperti tak kehilangan alasan untuk kembali lagi dan lagi ke Jogja. Kemarin, saya tidak terlalu mengagendakan banyak tempat di kunjungi karena memang waktu saya sangat singkat. Seperti yang saya ceritakan di post tentang rencana agenda perjalanan saya. Tapi ternyata semua  diluar dugaan sampai saya harus merombak total. Okay, lets go ;)

Pagi, sekitar jam 06.00 saya sampai di stasiun Tugu. Langsung deh saya nelpon temen yang ada di Jogja. Seperti yang sudah saya duga, dia belum bangun. haha. Akhirnya saya duduk-duduk sambil makan roti di stasiun tugu nunggu dia datang. Agenda pertama kira sarapan, Gudeg Yu Djum yang diagendakan untuk makan malam menjadi sarapan. haha. Gudeg Yu Djum ini cukup terkenal di Jogja, cabangnyapun ada dimana-mana jadi tidak susah untuk mencapainya. Karena setelah itu agenda kita ke jalan Palagan (dekat monjali) jadi kita pilih Gudeg Yu Djum yang di jalan kaliurang dekat UGM. Karena saya belum pernah coba gudeg lain, jadi saya tidak bisa memberikan perbandingan. Tapi overall cukup memuaskan, porsinya sebenarnya sedikit bahkan gudegnya paling hanya 2 sendok. tapi ditambah krecek dan lauk tambahan pilihan kita. Harganya standart menurut saya, tidak semahal yang saya kira. haha. Awalnya saya mau bungkus untuk orang rumah, tapi takut basi dan repot bawanya soalnya perjalanan saya masih panjang.

Harga Gudeg Yu Djum (img Source: jaymoylovesfood.com)
Dari Gudeg Yu Djum, kita ke kontrakan dulu lalu lanjut ke Jalan tentara palagan menuju Indoluxe hotel. Awalnya saya mau kesini sore, seru aja sunset di rooftop. Tapi karena keadaan begitu, jadi saya prioritaskan ini dulu. Tidak susah mencari hotel ini, temen saya juga langsung tahu. Hotelnya teramat menonjol dan nampak mewah dari luar, begitupun dari dalam. Kita sempet agak bingung cari parkiran karena arahnya muter-muter. Begitupun untuk menemukan lobby receptionistnya juga bingung karena lift dari parkiran tidak langsung ke lobby tapi malah diluarnya. haha. Cerita detail tentang indoluxe akan ada di posting selanjutnya ya, biar gak terlalu panjang postingan yang ini. :) Ini cerita selengkapnnya tentang kolam renang indoluxe rooftop swimmingpool indoluxe hotel Jogja

Infinity pool Indoluxe Hotel (img source: indoluxehotel.com)

Setelah dari indoluce sebenarnya saya ingin ke taman sari, tapi karena suatu hal akhirnya kita ke naik ke museum gunung merapi. Lumayan jauh juga dari indoluxe, apalagi Jogja saat itu panas banget. Traffic? kalau weekend udah pasti padat. Museum merapi murah banget, parkir cuma 2ribu. Tiket masuk cuma 5ribu perorang. Kita disini lumayan lama, bahkan saya sempat mandi. haha. Menurut saya tempat ini sangat menarik untuk wisata edukasi. Ada informasi mengenai merapi, barang sisa erupsi, batu-batu, dan yang menarik ada kayak peraganya gitu. Pas kemarin banyak banget anak TK gitu disana, ada juga rombongan tourist asing. Anyway disini juga ada paket wisata merapi, kayak bisa tour ke lereng merapi naik JIP gitu. Tapi saya saya belum mencobanya, jadi kurang tau detail harga dan tujuannya.

Museum Gunung Merapi (Img source : yogyakarta.panduanwisata.id)
Setelah dhuhur kita lanjut ke agenda selanjutnya untuk makan siang. Dari sini kita sudah mulai dikejar waktu, karena teman saya ada acara jam 2. Sebenarnya ada beberapa teman lain, namun kayak semuanya sibuk. Jadi ya sudah, akhirnya saya kontak temen yang di Solo dan dia bisa. Saya langsung lihat jadwal pramek dan sebelum ke warung makan khas bali putra kita mampir dulu ke Stasiun tugu untuk beli tiket pramek. Tiket pramek jam 13.50 udah dapat, cuss kita ke dekat alun-alun kidul. Oh ya sebelumnya saya beli Bakpia dulu, rencana awalnya pengen beli Bakpia sama Dody. Karena dia tau Bakpia yang enak banget, sayangnya dia sibuk ada praktikum. :(. Akhirnya ku beli Bakpia 25 saja.
Warung makan khas bali putra. Letaknya di jalan namburan, dari wijilan lurus saja sampai ketemu namburan. Nanti ada petunjuk papan namanya warung makan khas bali putra, ikuti panahnya saja nanti di kanan jalan ada bannernya. Tapi cermat ya, soalnya warungnya tidak terlalu besar. Soal harga standart, soal rasa bagiku juga standart. Ya meskipun saya belum pernah coba sate lilit dan nasi jinggo di bali langsung sih, jadi ku tak bisa membandingkan. Aku suka aja sama Bali, jadi pas nemu ada warung khas Bali di Jogja langsung itu masuk daftar agenda.

img source : www.hungerranger.com
Karena kita terus berpacu dnegan waktu untuk mengejar prameks ke Solo, akhirnya aku memutuskan bungkus saja makannya. Setelah itu langsung balik lagi ke Stasiun Tugu, udah ngebut nyelip-nyelip soalnya tinggal 7 menit lagi. Pas sampai Tugu aku langsung lari-larian, keretanya udah ada tapi ternyata baru jalan 5 menit kemudian. Maklum ya gak penah naik prameks, aku bingung pas di tiket ada tulisan tidak dapat tempat duduk. Kirain emang udah full dan aku harus berdiri, jadi aku bingung juga keretanya masih kosong masak harus berdiri? akhirnya ku tanya bapak-bapak gitu, ternyata  maksudnya tidak ada nomor tempat duduk karena bebas mau duduk dimana aja. Kereta agak terlambat sedikit, harusnya sampai Solo Balapan jam 15.15 tapi ternyata baru sampai jam 15.30. Cerita di Solo akan ada di part 2 ya :)

Anyway big thanks to Gilang Shock yang sudah dengan sabar menemaniku yang rewel selama di Jogja. haha. Dedikasimu sebagai mantan ketua kelas yang mengayomi tak terbantahkan lagi bro. Mau nganterin dari ujung ke ujung, padahal berpacu dengan waktu. haha. Kayak gak tau lagi kalau misal gak ada kamu mungkin perjalananku ke Jogja berantakan sepenuhnya. Maaf dadakan banget, makasih udah disempetin padahal ada makrab dan masih minggu uts juga. Pokoknya ku makasih banyak sama kamu. :D