Wednesday 17 September 2014

Dunia baruku : menulis

Saya seperti mulai mencintai dunia baru dimana saya bebas berekspresi melalui tulisan. Sejak SD ketika saya belum mengenal istilah sastra, saya seperti sudah punya passion dengan pelajaran bahasa indonesia. Saya suka membaca puisi yang terkadang saya menulisnya sendiri. Dulu saya juga pernah berkeinginan untuk serius mempelajari ilmu - ilmu sastra demi memperkuat kapabilitas menulis saya, meskipun nyatanya saya tidak bisa mewujudkan itu karena sebuah alasan. Saya harus memilih untuk masa depan saya , antara bidang penulisan atau lisan. Memang keduanya sama-sama untuk menyampaikan pesan tapi kami beda kajian. Saya lebih memilih zona aman tanpa kehilangan passion saya. Ilmu komunikasi bukan hanya menaungi orang-orang yang lihai berbicara, bernegoisasi atau berkreasi. Tapi kami juga punya profesor - profesor yang expert di bidang jurnalisme. Saya memang tidak berencana mendalami jurnalisme secara mendalam melalui program studi yang ada di komunikasi, tapi setidaknya ada sedikit banyak ilmu dari pengantar jurnalisme.

Sebenarnya blog tidak terlalu asing bagi saya, sejak smp saya sudah punya account. Tapi sayangnya dulu menulis dikertas lebih menyenangkan, sampai ada sebuah buku yang khusus untuk menulis puisi. Begitupun ketika SMA , bahkan saya punya 2 account blog tapi lagi-lagi belum aktif secara maksimal. Tapi saya bersyukur ketika ada tugas membuat blog dengan kriteria-kriteria penilaiannya , saya tidak mulai dari nol.

Meskipun saya tidak dilahirkan dari keluarga sastrawan tapi ada kesenangan tersendiri dengan dunia tulis menulis khususnya dalam bidang sastra dimana saya bebas bersuara bermain kata-kata sesuka kita. Saya membayangkan ketika nanti saya bisa menulis sebuah buku  karya saya sendiri. Apapun latar pendidikannya , entah apapun profesinya nanti tapi yang jelas siapapun boleh menulis. Mama  pernah bilang :" kamu tidak harus kuliah di sastra indonesia untuk jadi penulis". Tekuni saja bidang kita, kalau sudah cukup banyak ilmu yang kita miliki bolehlah berbagi. Semoga kita bisa saling menginspirasi :D

Share:

0 comments:

Post a Comment