Monday 4 August 2014

Bunda hana #chsi

Di perantauan aku seperti ketinggalan apa yang srdang hits di tv, ya maklum sebagai anak kos saya hanya bisa nonton tv via streaming. Itupun jika wifi kosan cukup kuat. Pas aku pulang ke rumah , orang rumah punya tontonan baru di rcti. Awalnya aku sangat tidak tertarik , seperti jalan ceritamya sangat berbelit - belit seputar perselingkuhan. Terutama perselingkuhan mas bram dengan karin sehungga hana diteror habis - habisan sama karin. Hingga sahabat-sahabat hana , seperti sofie, vina dan anisa jadi ikut campir. Begitupun sahabat mas bram , yaitu bang rudolf juga ikut campur menutupi perselingkuhan itu dan bahkan selalu menjadi pagar bram ketika kondisi bram ,ulai terjepit. Sampai tuduhan berbalik , karena anisa curiga bahwa hello kitty (karin) adalah selingkuhan bang rudolf.
Setelah beberapa kali nonton , aku mulai suka dengan sinetron ini. Terutama karakter hana sasmita atau bunda hana yang diperankan oleh  dewi sandra. Dia memiliki karakter sebagai perempuan tangguh, sabar,religius dan sangat bijaksana. Selain itu hana juga sangat sayang keluarganya , meskipun ia seorang wanita karir yang bekerja disebuah majalah namun itu tak membuatmya kehilangam waktu dengan mas bram ataupun rosi. Hana selalu kuat dengan cobaan yang diberikan , bahkan ketika ia harus menerim kenyataan bahkan selingkuhan suaminya adalah adik sahabatnya sendiri. Hana tidak marah ataupun dendam pada karin , justru hana sangat perhatian dengan kandungan karin sampai akhirnya Hana jugalah yang memberikan nama untuk anak hasil perselingkuhan suaminya itu. Hana bukan tipe orang yang suka mengeluh, sisi religius hana terlihat dari bagaimana cara dia menyikapi masalah serta sifat berpikir postif terhadap Allah atas setiap cobaan padanya.
Bunda hana selain menginspirasi melalui tulisannya di majalah, ia juga berbagi tulisan - tulisan lewat blog pribadinya. Inilah alasan kedua kenapa saya suka hana , selain karakternya kebiasaan hana menulis membuat aku berniat untuk menulis lagi di blog, meskipun cerita/tulisan itu tidak sepenting dan seinspiratif tulisan hana tapi setidaknya saya sudah memulai. Dulu saya punya blog tapi karena tulisannya banyak copas , akhirnya saya buat blog baru original dari tulisan pribadi saya.
Semoga masyarakat benar - benar sadar dengan literacy media baik dari segi produsen maupun konsumen. Tentu cara pandangnya berbeda dan tujuannya pun berbeda , tapi tentu semua bisa didapat nilai positifnya. Menurut saya pribadi , Produsen film telah menyajikan sebuah tontonan dari kisah nyata yang diharapkan bisa menginspirasi sehingga diluar sana muncul hana - hana yang lain. Sedangkan masyarakat juga bisa menangkap pesan itu , sehingga tidak salah fokus pada perselingkuhannya atau cara karin meneror hana dan keluarganya.
Share:

0 comments:

Post a Comment