Tuesday 5 August 2014

Ilmu komunikasi universitas indonesia

Halo , beranjak sedikit dari apa yang biasa aku tulis. Kali ini aku mau berbagi cerita tentang Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Meskipun baru setahun tapi semoga apa yang saya bagikan bisa menambah pengetahuan tentang jurusan ini terutama bagi adik-adik yang sedang bimbang memilih jurusan.

Ilmu komunikasi di UI merupakan salah satu departemen yang ada dalam fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Di Ui masih bergabung dengan FISIP, beda dengan unpad yang komunikasinya telah menjadi Fakultas ilmu komunikasi (Fikom).  Di jurusan ini kita bisa memilih 5 peminatan yang bebas dipilih sesuai keinginan dan bakat kita, yaitu humas , penyiaran , jurnalisme , kajian media dan periklanan.

Mahasiswa sarjana ilmu komunikasi memiliki 3 jenis mata kuliah , yaitu matkul wajib unibersitas , matkul wajib fakultas dan matkul wajib jurusan. Di luar itu , kita boleh ambil mata kuliah lain yang tidak dalam daftar matkul yang kita ambil atau disebut belanja. Tidak hanya boleh belanja lintas peminatan saja , bahkan lintas jurusan atau fakultaspun bisa. Tapi sampai mau  semester 3 ini saya belum belanja karena departemen masih menetapkan sistem paketan untuk maba. Jadi kita tidak milih kelas dan dosen sendiri, melainkan sudah dibagi kelas dan nama dosennya. Kita hanya memasukkan kelas sesuai pembagian pada waktu isi irs. Pada semester satu kita dipaketkan , dengan 7 matkul yang terbagi dalam 1 matkul wajib jurusan yaitu pengantar ilmu komunikasi (PIK) , 2 matkul universitas yaitu mpkt o/s dan mpkt a dan sisanya matkul fakultas yaitu pengantar politik, sosiologi,antropologi dan penulisan ilmiah. Sedangkan pada semester 2 , kita juga dipaketkan bahkan termasuk 3 matkul wajib jurusan. Jadi kita benar-benar tidak ada siak war (rebutan kelas). Sedangkan untuk semester 3 ini kita hanya dipaketkan matkul wajib fakultas , jadi kita harus siap-siap siak war. Maka dari itu kita perlu amunisi yang cukup sebagai strategi perang , kita sebaiknya tanya-tanya senior supaya tidak salah pilih kelas sehingga kita nyaman belajarnya.

Share:

4 comments:

  1. Hai ka! aku lagi berusaha dan terus berdoa buat masuk FISIPUI.
    aku mau curhat banyak sama kaka. masalah pembelajaran dan lain lainnya. aku harap kaka mau bales. comment ini:). sertakan email ya kaa thnksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo shalma, terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Ini emailnya nkhimayah@yahoo.com

      Delete
  2. Aku juga mau curhat dongg kaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Clarissa terima kasih sudah berkunjung
      Feel free to contact me by email nkhimayah@yahoo.com :)

      Delete